Saturday, April 20, 2019

Silaturahim ke SEBERSY

Hai, Sahabat Urban! Kali ini #Urbankemanaya? sedang melakukan kunjungan ke SEBERSY, loh! Yap, SEBERSY merupakan komunitas yang berfokus pada pendidikan adik-adik di lingkungan warga sekitar Bantarjati, Bogor. Komunitas ini, mengajarkan pendidikan tambahan bagi adik-adik dengan tema yang berbeda setiap minggunya, seperti bahasa, agama, edutaiment (education and entertaiment) dan sebagainya. 

Nah, tujuan Urban Sakola mengunjungi SEBERSY, selain silaturahim, kami juga ingin mengenalkan budaya yang ada di Jawa Barat, khususnya Budaya Sunda kepada adik-adik. Selain itu, kita juga bertukar pikiran dengan SEBERSY terkait program kerja masing-masing.

Bertepatan dengan minggu pertama mengunjungi SEBERSY, kami melakuan perkenalan dengan adik-adik agar lebih akrab sebelum memulai pembelajaran. Oh iya FYI, adik-adik SEBERSY berjumlah 15-20 orang yang masih bersekolah mulai dari SD – SMP, loh! 
Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan mendengarkan cerita rakyat dari kakak-kakak Urban. Kali ini, cerita yang dibawakan adalah Situ Bagendit. Menceritakan tentang seorang janda kaya yang pelit dan ngga suka menolong. Kisah ini berakhir dengan tenggelamnya Bage Endit di danau.

Media yang digunakan adalah wayang-wayangan, sehingga cerita berlangsung seru dan membuat situasi cerita semakin hidup. Setelah bercerita, kami melakukan tanya jawab dengan adik-adik terait hikmah yang didapatkan dari cerita ini.

Oh iya, selain itu kita juga melanjutkan dengan permainan talking stik dan ‘bisik-bisik’, loh! Talking stick yaitu permainan stik berputar sambil bernyanyi, yang jika berhenti akan diberikan pertanyaan seputar cerita rakyat. Sedangkan bisik-bisik adalah permainan penyampaian kata dari awal hingga akhir secara bisik-bisik. Permainan ini berlangsung sangat seru, walaupun ada yang menang dan kalah, tapi banyak pemelajaran yang didapatan, seperti berani tampil, kerja sama tim dan belajar sportif.

Nah, itulah sedikit cerita pekan pertama #Urbankemanaya? di SEBERSY. Masih ada 1 minggu lagi loh, kami belajar dan bermain di sana. Mau tahu gimana keseruan kami selanjutnya? Jangan lupa stay tune di blog dan sosmed kita ya, Sahabat Urban! See you!

#Urbankemanaya #SEBERSY #silaturahim #pendidikan #kebudayaan #pendidikanyangberbudaya #bogor #pendidikanbogor #komunitasbogor

Post a Comment

Start typing and press Enter to search