Friday, September 27, 2019

Tak Kenal Maka Tak Sayang


Hai, Sobat Urban! Seperti kata pepatah lama, tak kenal maka tak sayang. Begitulah ungkapan yang selaras dengan pertemuan Kakak Urban di kegiatan Urban Spesial ke -17 ini. Selain bersenang-senang dan berbagi ilmu kebudayaan Jawa Barat dengan adik-adik SDN Sindanglaya, Cigombong, Kakak Urban juga melakukan kegiatan ‘keakraban’ dengan sesama anggota. Kegiatan ini dilakukan untuk mendekatkan dan menyatukan tujuan Kakak Urban agar bisa menjalankan kegiatan Urban Sakola dengan lebih baik lagi ke depannya.
Dimulai setelah acara nobar selesai, kegiatan ini menjadi lebih ‘dekat’ karena Kakak Urban diajak untuk mengenal teman-temannya satu sama lain dengan menuliskan nilai postif dan negatif diri sendiri menurut ‘kaca mata’ orang lain. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan berbincang ‘ringan’ terkait rencana ke depan Urban Sakola dan makan Bersama ditemani api unggun.

Pagi menjelang, Kakak Urban kembali melakukan kegiatan outbond untuk melatih bonding (ikatan) antar sesama anggota. Ada tiga games yang dimainkan olehsemua anggota yaitu, The hands yaitu games mengeliminasi lawan menggunakan tangan dengan mengatur ketukan perpindahan tangan. Keep Your light,  yaitu menjaga agar balon yang diisi air dan lilin yang menyala tidak dirusak oleh lawan. Egg barrier, yaitu games menjaga telur agar tidak pecah saat bergulat dengan lawan.

Banyak pembelajaran yang diambil dari ketiga games ini, diantaranya yaitu kerja sama, saling membantu, menurunkan ego dan mengatur taktik agar bisa memperthankan amanah yang diberikan. Begitupun harapan yang ingin diwujudkan dalam komunitas ini, agar tetap berjalan sesuai dengan tujuan Bersama, yaitu #demipendidikanyangberbudaya.

Seelah melakukan games yang seru, kemudian Kakak Urban melakukan perjalanan menuju ke Suaka Elang untuk menikmati indahnya pemandangan alam sambil saling mengenal satu sama lain. Oh iya, dalam kegiatan ini, kami juga bertemu dengan perwakilan dari BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) IPB yang menyumbangkan dana hasil penjualan buku yang digagas oleh para Komunitas Pendidikan IPB dengan judul “Jejak-jejak Pengabdian Pendidikan”.

Nah, Sobat Urban itulah beberapa rangkaian acara Urban Sakola ke -17 yang diselenggarakan selama dua hari satu malam di Cigombong, Kabupaten Bogor. Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini semangat Kakak Urban dan Sobat Urban dalam bidang Pendidikan bisa menularkan semangat yang lebih bagi adik-adik di seluruh Jawa Barat. Salam Pendidikan yang berbudaya!

Post a Comment

Start typing and press Enter to search