Friday, April 12, 2019

Yuk, Jalan-Jalan ke Bogor Planning Gallery (BPG)!


Hai, Sahabat Urban! Hari ini segmen #Urbankemanaya? sedang berada di Bogor Planning Gallery (BPG). Yap, Urban Sakola berkesempatan untuk hadir di pembukaan BPG, yang merupakan salah satu tempat wisata sejarah baru di Kabupaten Bogor. Berlokasi di Kantor Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor, diharapan galeri ini bisa menjadi tujuan wisata sejarah bagi anak sekolah dasar, menengah, atas hingga mahasiswa untuk pembangunan Kabupaten Bogor ke depannya.

BPG menggambarkan sejarah dan perencanaan pembangunan Kabupaten Bogor, dalam tiga masa yaitu, masa lampau, masa kini dan di masa yang akan datang. Kamu juga bisa melihat perkembangan pembangunan Kabupaten Bogor mulai dari Bupati yang pertama hingga saat ini. Ngaak cuma itu saja, kamu juga bisa melihat bagaimana kondisi tata ruang Kabupaten Bogor, data-data jalan yang rusa, hingga perencanaan yang dilakukan untuk memperbaikinya. Kamu juga bisa membandingkan before and after tata ruang kota yang diperbaiki, loh!
Oh iya, data dan informasi yang Sahabat Urban bisa akses berupa tampilan grafis, panel, museum grafis dan dalam bentuk video. Selain itu, juga ada big data base di dalam PC standing, foto besar bio-simetris hingga maket digital. Tempat ini, baru bisa dikunjungi pada hari kerja yaitu Senin-Kamis (07.30 – 16.00) dan hari Jum’at (07.30-16.30). Kedepannya, akan diertimbangkan untuk dibuka saat hari libur dan akan disiapkan tenaga kerja lebih untuk menjaganya.

Oh iya, walaupun BPG sering disandingkan dengan Bandung Planning Gallery karena konsepnya yang sama, tapi masing-masing karya punya sesuatu hal yang berbeda. So, jangan judge sebelah mata hasil karya seni dan ilmu pengetahuan ini, ya! Kalau kamu mau mengunjungi tempat ini, ngga usah khawatir tersasar, ya! Karena kamu bisa mendownload aplikasi BPG di Google Play. Kamu akan menemukan 3 menu utama, yaitu QC code, maps dan about. Ketiga menu ini, akan membantu kamu mengelilingi BPG tanpa harus ‘nyasar’.

So, tunggu apalagi? Jangan lupa datang ke BPG ya, Sahabat Urban! Sampai bertemu di segmen #Urbankemanaya? selanjutnya!

Sumber:
Dok. pribadi dan laman informasi lainnya


Post a Comment

Start typing and press Enter to search