Friday, September 27, 2019

Spesialnya Urban Spesial

Hai, Sobat Urban! Tepat pada tanggal 8-9 September 2019 Urban Sakola kembali menyelenggarakan Urban Spesial yang ke-17. Berlokasi di Sekolah Dasar Negeri Sindanglaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, kegiatan ini terasa lebih spesial. Kenapa? Karena selain kegiatan bersama adik-adik, Kakak Urban Sakola juga melakukan aktivitas yang ngga kalah seru, loh! Mau tahu ceritanya? Yuk, simak!
Kegiatan Urban Spesial kali ini terasa lebih spesial karena, di awali dengan memberikan penyuluhan kepada adik-adik terkait dengan perilaku membuang sampah. Hal ini dilakukan, karena masih kurangnya perhatian terhadap perilaku membuang sampah yang baik dan benar. Meskipun hal ini dianggap ‘sepele’ tapi, kebiasaan ini akan memberikan pembelajaran bagi adik-adik agar terbiasa menjaga lingkungannya.

Selanjutnya, seperti biasa Kakak Urban Sakola membagi adik-adik menjadi tiga kelas besar untuk mengenalkan kebudayaan Jawa Barat yang meliputi kelas musik, sejarah dan cerita rakyat. Nggak cuma itu saja, Kakak Urban juga mengajak adik-adik melakukan kegiatan di luar ruangan dengan melakukan lomba antar kelompok.
Lomba ini diikuti oleh enam tim yang terdiri dari adik-adik kelas satu hingga kelas enam, mengajarkan kepada mereka untuk bekerja sama dan saling membantu walaupun berbeda usia. Lomba ini terdiri dari dua yaitu estafet karet gelang dengan sedotan dan memindahkan air menggunakan gelas. Semua adik-adik sangat antusias melakukan kegiatan ini.

Walaupun mereka lelah, dan terkadang timbul rasa kecewa karena tim mereka nggak menang, tetapi kegiatan ini secara nggak langsung banyak memberikan pembelajaran kepada mereka, seperti bekerja sama, berlatih kejujuran dan belajar untuk saling menghargai. Kegiatan lomba ini, diakhiri dengan memberikan hadiah kepada seluruh pemenang. Ngga lupa, kami juga memberikan beberapa kenang-kenangan untuk sekolah yang diterima oleh perwakilan dari bapak guru SDN Sindanglaya dan bingkisan dari Sobat Urban yang telah memberikan donasinya.
Ngga cuma sampai di situ, malam harinya, adik-adik dan Kakak Urban kembali melakukan aktivitas outdoor yaitu nobar (nonton bareng) film. Film yang disajikan adalah film animasi (kartun) tentang cerita rakyat dari Jawa Barat. Selain menonton, adik-adik juga diajak untuk berdiskusi tentang pesan baik yang harus mereka tiru dan pesan buruk yang harus mereka hindari. Selanjutnya, kegiatan ini ditutup dengan pemberian ‘surat cinta’ dari adik-adik dan foto bersama.

Lalu gimana ya dengan kegiatan kakak Urban? Yuk, simak di artikel selanjutnya!

Post a Comment

Start typing and press Enter to search